Jumat, 26 April 2013

pemeliharaan sistem



1.Pengertian pemeliharaan sistem
Pemeliharaan Sistem adalah suatu kombinasi dari berbagai tindakan yang dilakukan untuk menjaga suatu sistem dalam, atau memperbaikinya sampai, suatu kondisi yang bisa diterima. Pada bulan April 1970 didefinisikan sebuah istilah untuk Teknologi Pemeliharaan yang mencakup pengertian yang lebih luas dari pada pengertian Pemeliharaan diatas.
2.prosedur untuk pemeliharaan sistem
SDLC dan SWDLC
Aplikasi yang professional dalam SDLC dan SWDLC dan teknik maupun perangkat modeling yang mendukungnya adalah hal-hal keseluruhan yang terbaik yang dapat seseorang lakukan untuk meningkatkan maintainabilitas system.
Definisi data standar
Trend ke arah sistem manajemen database relasional mendasari dorongan ke normalisasi data dan definisi data standart.
Bahasa pemrograman standar
Penggunaan bahasa pemrograman standart,misalnya C atau COBOL,akan mempermudah pekerjaan pemeliharaan.
Rancangan Moduler
Programer pemeliharaan dapat mengganti modul program jauh lebih mudah daripada jika ia berurusan dengan kedeluruhan program.
Modul yang dapat digunakan kembali
Modul biasa dari kode yang dapat digunakan kembali,dapat diakses oleh semua aplikasi yang memerlukannya.
Dokumentasi standar
Diperlukan system,pemakai,perangkat lunak dan dokumentasi operasiyang standart sehingga semua informasi yang diperlukan untuk beroperasi dan pemeliharaan aplikasi khusus akan tersedia.
Kontrol sentral
Semua program,dokumentasi dan data test seharusnya diinstal dalam penyimpanan pusat dari system CASE (Computer-Aided Softtware Engineering atau computer Assisted Software Enginering. Mengelola Pemeliharaan Sistem Tantangan mengelola pemeliharaan sistem adalah sama dengan tantangan mengelola usaha-usaha lain . Yaitu tantangan untuk mengelola manusia. Prioritas untuk mengarahkan pemeliharaan sistem adalah mengumpulkan sekelompok pemelihara yang berkompeten dan termotivasi,serta menyuplai mereka dengan perngkat dan sumber-sumber untuk melakukan pemeliaraan sistem yang terjadwal maupun yang tidak terjadwal. Pemeliharaan sistem terjadwal dapat dibuat menurut kalender atau diagram gantt.Pemeliharaan tidak terjadwal biasanya dilakukan atas inisiatif pemakai dan operator. Bagaimanapun juga pihak manajemen seharusnya menetapkan suatu cara untuk mengawali,merekam,dan mengevaluasi aktivitas pemeliharaan. Dengan melalui evaluasi kegiatan pemeliharaan,seorang manager akhirnya dapat mengoptimalkan program pemeliharaan sistem secara keseluruhan.
3. alat untuk pemelihraan sistem
*      Forward engineering
Proses ini menerapkan prinsip-prinsip rekayasa perangkat lunak, konsep dan metode untuk membuat ulang suatu aplikasi yang sudah ada. Tidak hanya membuat ekivalen modern dari program lama, tetapi lebih mengintegrasikan pemakai baru dan persyaratan teknologi keusaha rekayasa ulang.
*      Reverse Engineering
Proses pemahaman memakan banyak total waktu yang dihabiskan untuk melakukan perubahan.Alasan untuk hal ini mencakup salah, out-of-date atau tidak ada dokumentasi , kompleksitas sistem dan kurangnya pengetahuan domain yang cukup pada bagian dari pengelola.
*      Reengineering
Saat manager memodifikasi aturan-aturan bisnis untuk mencapai keefektifan dan komposisi yang lebih besar, perangkat lunak harus tetap berjalan maju. Artinya penciptaan sistem berbasis komputer yang besar berarti memodifikasi dan atau membangun aplikasi yang sudah ada sehingga menjadi kompeten untuk memenuhi kebutuhan bisnis pada masa yang akan datang.
*      Restrukturing
perubahan syarat-syarat kredit yang menyangkut tindakan untuk penambahan dana bank dan atau, konversi seluruh atau sebagian kredit menjadi penyertaan dala perusahaan, yang dapat disertai penjadwalan kembali dan atau persyaratan kembali.
*      Maintenance Expert Systems
4. mengatur pemelihraaan sistem
Ciri-ciri:
-Menetapkankegiatanpemeliharaan
-Mengawalidanmerekamkegiatanpemeliharaansistemtidakterjadwal
-HELPDESK
- Mengevaluasi aktivitas pemeliharaan system

5 mengembangkan perubahan pemeliharaan sistem
Model Umum CMS :
n  Membatasi akses ke sumber produksi dan kode objek
n  Mengurangi kesalahan dan mendesain cacat
n  Mencegah keberadaan lebih dari satu versi program sumber dan kode objek dalam file master produksi
n  Mengembangkan kualitas dan reliabilitas
n  Mempertinggi keamanan dan kendali
n  Mempertinggi produktivitas perangkat lunak
Komponen CMS:
*      Fasilitas fungsi perpustakaan
*      Perintah kerja pemeliharaan
*      Bengkel kerja programmer
*      File master tes
*      File master jaminan kualitas
*      File master produksi
*      File master cadangan
*      Laporan manajemen dan jejak audit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar