Sabtu, 29 Oktober 2011

e-commerce

ecommerce,atau electronics commerce merupakan sala satu teknologi yang berkembang pesat dalam dunia per-internet-an.penggunaan sistem e-com,begitu biasanya disingkat,sebenarnya dapat menguntungkan banyak pihak, baik pihak konsumen, maupun pihak produsen dan penjual (retsiler). di indonesia, sistem ecom ini kurang populer,karena banyak pengguna internet yang masih menyangsikan keamanan sistem ini,dan kurangnya pengetahuan mereka mengenai apa yang masih itu e-com yang sebenarnya. bagi pihak konsumen,menggunakan e-com dapat membuat waktu berbelanja menjadi singkat,tidak ada lagi berlama-lama mengelilingi pusat pertokoan untuk mencari barang yang diinginkan.selain itu,harga barang-barang yang dijual melalui e-com biasanya lebih murah dibandingkan dengan harga toko,karenajalur distribusi dari produsen barang ke pihak penjual lebih singkat dibandingkan dengan toko konvensional. online shopping menyediakan banyak kemudahan dan kelebihan jika dibandingkan dengan cara belanja yang konvensional.selain bisa menjadi lebih cepat, di internet telah tersedia hampir semua macam barang yang biasanya dijual secara lengkap.selain itu,biasanya informasi tentang barang jualan tersedia secara lengkap,sehingga walaupun kita tidak membeli secara on-line,kita bisa mendapatkan banyak informasi penting yang diperlukan untuk memilih suatu produk yang akan dibeli. mekanisma e-commerce pembeli yang hendak memilih belanjaan yang akan dibeli bisa menggunakan 'shopping cart' untuk menyimpan data tentang barang-barang yang telah dipilih dan akan dibayar.konsep 'shopping cart' ini meniru kereta belanja yang biasanya digunakan orang untuk berbelanja dipasar swalayan. 'shopping cart' biasanya berupa fomulir dalam web,dan dibuat dengan kombinasi cgi,database,dan html.barang-barang yang sudah dimasukkan ke shopping cart masih bisa di-cancel,jika pembeli berniat untuk membatalkan membeli barang tersebut. jika pembeli ingin membayar untuk barang yang telah dipilih,ia harus mengisis form transaksi.biasanya form ini menanyakan identitas pembeli serta nomor kartu kredit.karena informasi ini bisa disalahgunakanjika jatuh ke tangan yang salah,maka pihak penyedia jasa e-commerce telah mengusahakan agar pengiriman data-data tersebutvberjalan aman,dengan menggunakan standar security tertentu. setelah pembeli mengadakan transaksi,retailer akan mengirimkan barang yang dipesan melalui jasa pos langsung ke rumah pembeli. beberapa cybershop menyediakan fasilitas bagi pembeli untuk mengecek status barang yang telah dikirim melalui internet. software untuk pembuatan e-commerce dalam pembuatan 'toko' di internet(atau biasa disebut dengan istilah cybershop), diperlukan software-software tertentu untuk mengatur investarisasi barang dan proses transaksi jual beli barang.di pasaran,sudah terdapat software-software khusus untuk membuat sistem e-com,seperti intershop online keluaran intershop communications, merchant server keluaran microsoft corp,dan electronics commrece suite keluaran icat.software-software itu khusus dijual kepada pihak-pihak yang berniat membangun cybershop, dan dijual dengan harga ribuan dollar.pada umumnya software-software untuk pembuatan e-commerce ini menggunakan database untuk penyusunan katalog.database yang digunakan biasanya adalah db2,oracle atau sql. alternatif pembayaran untuk e-commerce untuk pembayaran,e-commerce menyediakan banyak alternatif.caranya adalah dengan terlebih dahulu mendaftar sebagai customer pada web tersebut.selain kartu kredit,laternatif lainnya adalah dengan menggunakan e-cash.e-cash sebenarnya merupakan account khusus untuk pembayaran melalui internet.account tersebut dibuka dengan menggunakan kartu kredit yang dipunya sebelumnya.customer hanya perlu mengisi pada account e-cashnya untuk digunakan. alternatif lain dalan pembayaran di internet adalah dengan menggunakan smartcard. di singapura,smartcard dikenal dengan istilah cash card.pemakaian smartcard ini hampir sama dengan pemakaian kartu atm yang biasa dipakai untuk berbelanja,yaitu pada saat transaksi,uangnya didebet langsung dari account di bank.untuk pembayaran di internet,user harus memiliki'smart card reader'.dalam pemakainya,alat khusus ini disambungkan ke port serial di komputer.pada saat melakukan transaksi,kartu smart card harus digesekkan ke alat tersebut,sehingga chip yang terdapat di kartu dapat dibaca oleh komputer.untuk softwarenya,digunakan software bernama'e-wallet'.contoh web site yang telah menyediakan smartcard untuk pembayaran adalah htpp"//www.disvault.com. selain dengan ketiga cara di atas,terdapat alternatif pembayaran yang relatif baru dan belum begitu populer.alternatif ini adalah penggunaan icheck,yaitu metode pembayaran dengan menggunakan cek.pembayaran ini membutuhkan nomor cek milik customer.web site yang menyediakan penjelasan mengenai cara pembayaran ini adalah http://icheck.com. keamanan di e-commerce dalam prakteknya,berbelanja di web memerlukan koneksi ke internet dan browser yang mendukung transaksi elektronik yang aman,seperti microsoft explore dan netscape navigator.microsoft dan netscape,bekerja sama dengan perusahaan kartu kredit(visa dan mastercard),serta perusahaan-perusahaan internet security(seperti versign),telah membuat standar enkripsi khusus yang membuat transaksi melalui web menjadi sangat aman.bahkan,visa dan mastercard memyediakan jaminan keamanan 100% kepada pengguna credit cardnya yang menggunakan e-com. yang menandakan suatu retailer web site aman atau tidak adalah adanya tanda khusus yang muncul di status bar di bagian bawah lalayr browser.pada ie,tanda yang muncul adalah tanda gembok terkunci di pojok kanan status bar.sedangkan pengguna netscape navigator,akan melihat tanda kunci di pojok kiri status bar.jika tanda-tanda tersebut muncul,berarti anda sedang ter-connect pada server yang aman.walaupun begitu,karena standar yang dipakai untuk secure connection ini relatif baru,belum semua cybershop menggunakan standar ini. kumpulan dari banyak cybershop yang telah terintegrasi dinamakan cybermall.beberapa cybermall akan mengecek terlebih dahulu legitimasi dari cybershop yang akan masuk,sehingga dapat menghindari adanya cybershop yang palsu.beberapa cybermall juga menyediakan jasa-jasa tambahan,seperti billing atau tagihan yang tersentralisasi,menjadikan proses belanja menjadi lebih mudah dan aman. mekanisme set. standar enkripsi yang digunakan dalam e-commerce pada saat ini adalah set(secure electronics transaction).selain digunakan untuk pembayaran dengan credit card,set digunakan untuk pembayaran dengan smartcard.dengan menggunakan set,kerahasiaan informasi customer(berupa nama dan nomor kartunya)bisa dijaga.set juga bisa menjaga autotentifikasi atau identitas penjual dan customer,sehingga tidak bisa disalah gunakan oleh sembarang orang. set menggunakan suatu kriptografi khusus yang dinamakan asymmmetric cryptography untuk menjamin keamanan suatu transaksi.asymmetric cryptography ini juga disebut dengan nama public key cryptography.enkripsi ini menggunaka dua kunci/key (yaitu kode), satu kunci digunakan untuk meng-enkripsi data,dan kunci lainnya untuk men-deskripsi data tersebut.kedua kunci tersebut terhubung secara matematis dengan rumus tertentu,sehingga dat yang telah di-enkripsi oleh suatu kunci hanya bisa di-dekripsi dengan menggunakan kunci pasangannya. setiap user mempunyai dua knci,yaitu public keydan private key.user dapat menyebarkan public key secara bebas.karena adanya hubungan yang khusus antara kedu akunci,user dan siapa pun yang menerima public key dan dikirimkan ke user hanya bisa didekripsi oleh private key.keamanan ini terjamin selama user dapat menjaga kerahsiaanprivate key.pasangan key ini harus dibuat secara khusus oleh user.algoritma yang biasanya digunakan untuk pembuatan key adalah algoritma rsa khusus oleh user.algoritma yang biasanya digunakan untuk pembuatan key adalah algoritma rsa (dinamakan berdasrkan inisial pembuatnya, yaitu: rivest, shamir, dan adleman). artinya,suatu pihak pengelola e-commerce yang menggunaka set,harus membuat pasangan key khusus untuk webnya.public key akan disebarkan, dan hal ini biasanya dilakukan melalui penyebaran web browser.public key disertakan secara gratis untuk setiap web browser, dan telah tersedia jika browser tersbut diinstall.private key, pasangan untuk pasangan public key tersbut disimpan oleh pengelola e-com. jika pembeli menggunaka browser untuk mengirim form transaksi,pembeli tersebut akan menggunaka public eky yang telah tersedia di web browsernya. orang lain yang tidak mempunyai private key pasangannya, tidak akan bisa men-dekripsi data form yang dikirim dengan public key tersebut. setelah data sampai ke pengelola e-com, data tersebut akan di-dekripsi dengan menggunakan private key. artinya, hanya pengelola e-com yang bisa mendapatkan data itu dalam bentuk yang sebenarnya, dan data identitas serta nomor kartu kredit customer tidak akan jatuh ke tangan yang tidak berhak. e-com di indonesia. sampai saat ini, web resmi yang telah menyelenggarakan e-commerce di indonesia adala risti shop.risti, yaitu divisi riset dan teknologi informasi milik pt.telkom, meyediakan prototipe lalayan e-commerce untuk penyediaan informasi produk peralatan telekomunikasi dan nontelekomunikasi.web ini juga telah mendukung proses transaksi secara online. selain risti,tampaknya belum ada web lain yang menyelenggarakan e-com di indonesia. padahal, untuk membauat sistem e-com, investasi yang dikeluarkan tidak sebeasr membangun suatu toko yang sebenarnya. selain itu, lingkup pemasaran produknya bisa jauh lebih luas, karena tidak terbatas pada satu kota tertentu. selain itu, biaya penyelenggaraan dan promosi pada e-com juga lebih kecil jika dibandingkan dengan sistem toko yang konvensional. dengan banyak hal yang menguntungkan tersebut, diarapkan di indonesia akan ada pihak=pihak tertentu yang bisa membuat dan mengelola e-commerce, sehingga akan menguntungkan semua pihak di indonesia, baik penjual maupun pembeli. sumber:www.sentralweb.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar