Rencana bisnis bukan hanya urusan meminjam uang. Satu-satunya hal yang seringkali dijadikan alasan pemilik membuat bisnis plan hanya ketika mereka berniat pergi ke bank atau investor untuk meminta uang. Setelah persyaratan pinjaman beres, maka rencana tinggal rencana, tanpa pernah mereka tinjau lagi.
Sebuah rencana bisnis resmi memiliki beberapa elemen umum tanpa memperhitungkan sifat bisnis Anda. Ketika Anda lebih cepat belajar dan menguasai elemen-elemen ini, maka Anda akan lebih cepat mendapatkan kontrol dari bisnis Anda dan langsung terhadap profitabilitas yang lebih tinggi.
1. Ringkasan Eksekutif
Hal ini lebih dari sekedar pengenalan, adalah versi yang lebih pendek dari seluruh rencana bisnis. Jika Anda sedang melakukan presentasi rencana Anda ke pihak ketiga, orang-orang yang membaca ringkasan Anda harus dapat memahami bisnis Anda, tanpa perlu membaca rencana lebih lanjut.
2. Sekilas Perusahaan
Unsur ini menjelaskan bisnis Anda secara garis besar:
• Sifat dari bisnis Anda
• Kunci faktor industri Anda
• Pelanggan Anda
• Produk dan layanan yang ingin Anda kembangkan
3. Lingkungan bisnis
Di sini Anda ingin menjelaskan sifat iklim usaha di mana Anda beroperasi, maka rencana bisnis Anda harus dilengkapi:
• Arah di pasar yang Anda bergerak
• Apa yang pelanggan Anda cari
• Kondisi bisnis
• Sifat dari persaingan
• Peluang yang Anda lihat
• Ancaman yang anda
• Sebuah penjelasan tentang bagaimana Anda berencana untuk berhasil
4. Deskripsi Perusahaan
Dalam bagian ini akan mencakup apa yang perusahaan Anda tawarkan ke pasar. Menggambarkan kekuatan perusahaan dan bagaimana agar perusahaan Anda tidak tersingkir dari pesaing. Karenanya, rencana bisnis Anda perlu memeriksa area berikut:
• Manajemen dan struktur organisasi
• Produk dan layanan
• Teknologi baru yang diadopsi oleh bisnis Anda
• Operasional kemampuan
• Pemasaran kemampuan
• Keuangan personil dan sumber daya
5. Strategi Perusahaan
Unsur ini menggambarkan strategi perusahaan Anda, meliputi:
• Strategi pemasaran untuk meningkatkan dan memperluas bisnis anda
• Produk dan layanan baru strategi pembangunan
• Operasional strategi untuk meningkatkan kecepatan, kualitas dan biaya
• Strategi baru pengembangan karyawan untuk memenuhi kebutuhan bisnis
• Strategi keuangan menyiapkan strategi bisnis Anda untuk peluang baru
Rencana bisnis Anda harus menjelaskan bagaimana strategi bisnis akan mempengaruhi masa depan bisnis Anda, dan juga harus ada program alternatif tindakan jika terjadi perubahan iklim usaha.
6. Ikhtisar Keuangan
Rencana bisnis perlu dilengkapi laporan keuangan yang menggambarkan saat ini dan masa depan, prediksi keuangan yang didukung oleh strategi yang sebelumnya dan asumsi yang dibuat. Dasar laporan keuangan untuk saat ini dan masa depan meliputi:
• Pendapatan
• Neraca
• Cash-flow
7. Rencana taktis
Rencana taktis yang meletakkan bagaimana Anda berniat untuk menjalankan rencana bisnis Anda. Mengidentifikasi:
• Langkah utama
• Siapa yang bertanggung jawab
• Jangka waktu yang telah ditetapkan untuk menyelesaikan rencana
• Sumber daya yang Anda butuhkan
Rencana bisnis yang baik, harus dapat menjelaskan 4 (empat) bagian penting berikut:
1. Gambaran usaha (description of the business)
2. Pemasaran (marketing plan)
3. Keuangan (financial management plan)
4. Manajemen (management plan)
Agar lebih meyakinkan, akan lebih baik bila rencana bisnis dilengkapi dengan executive summary, dokumen pendukung dan proyeksi keuangan.
Gambaran Usaha
Gambaran usaha harus dapat menjawab pertanyaan :
1. Usaha apa yang akan dilakukan?
2. Siapa yang akan mengelolanya?
3. Kapan, dimana dan bagaimana usaha itu dijalankan?
4. Apa yang membuat usaha itu unik dibandingkan pesaing?
Pada umumnya, gambaran usaha terdiri atas bagian-bagian sebagai berikut:
Gambaran umum usaha
a. Legalitas : bentuk usaha serta ijin-ijin yang dimiliki
b. Tipe usaha : perdagangan, perindustrian, jasa
c. Usaha baru, pengambil-alihan, pengembangan, atau waralaba (franchise)
d. Prospek dan kemungkinan pengembangannya
e. Kapan, dimana dan bagaimana pelaksanaannya
f. Latar belakang pemilik dan pengelola
Produk atau jasa yang ditawarkan
a. Jenis produk atau jasa yang dihasilkan
b. Keunggulan produk atau jasa tersebut
c. Masukan dari pelanggan dan calon pelanggan
d. Antisipasi terhadap kemungkinan persaiangan produk atau jasa
Lokasi usaha, dan mengapa lokasi tersebut dipilih
a. Persyaratan lokasi
b. Ruang atau lingkungan yang diperlukan
c. Akses ke lokasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar