Senin, 03 Januari 2011

rencana bidang promosi

Pemilihan Media Yang Terbaik – Bagaimana Untuk Menyampaikan Pesan
Efektivitas media apa yang digunakan tergantung pada seberapa bagus media sesuai dengan hasil yang diinginkan dari strategi pemasaran, yaitu tergantung pada :
1. Tujuan promosi
2. Target pasar yang ingin dicapai.
3. Dana yang tersedia untuk pengiklanan
4. Sifat dari media yang yang dipakai.
Perencanaan Pesan Yang Terbaik – Apa yang Dikomunikasikan
Sekali manajemen pemasran memutuskan bagaimana pesan akan meraih perhatian target, harus memetuskan pada copy trust, yaitu kata dan ilustrasi apa yang harus dikomunikasikan.
Pada dasarnya keseluruhan strategi pemasaran seharusnya menentukan pesan apa yang akan dikatakan. Kemudian pertimbangan manajemen, mungkin dibantu dengan riset pemasaran dapat membantu memutuskan bagaimana menuliskan dalam sandi sehinggan akan ditafsirkan sandi itu sesuai dengan yang diharapkan.
Sebagai panduan dalam perencanaan pesan kita dapat menggunakan konsep AIDA, yaitu:
Getting attention  merebut perhatian target pasar
Holding interst  pola dan bahasa dari pengiklanan harus sesuai dengan pengalaman dan sikap dari pelanggan target dan grup referensi mereka
Arousing desire  iklan harus bisa meyakinkan pelanggan bahwa produk mereka dapat memenuhi kebutuhan mereka.
Obtaining action  adalah tindakan akhir yang harus dilaksanakan.
Banyak pelanggan produk perusahaan internasional mencoba untuk menggunakan salah satu pesan pengiklanan yang global di seluruh dunia. Tentu saja menerjemahkan pesan atau membuat penyesuaian lain yang lebih kecil, tetapi dengan fokus pada sebuah kepercayaan yang global.
Agen Pengiklanan Sering Mengerjakan Pekerjaan
Manajer pengiklanan mengatur usaha pengiklanan perusahaan. Banyak manajer pemgiklanan khusunya yang bekerja pada untuk pedagang pengecer yang besar mempunyai departemen pengiklanan sendiri yang merencanakan kampanye pengiklanan yang spesifik dan menetapkan detil-detil. Yang lain berubah untuk mengantikan pekerjaan pengiklanan untuk dilakukan oleh spesialis.
Agen pengiklanan adalah spesialis dalam perencanaan dan penanganan detil pemasaran masal untuk pengiklan. Beberapa agen uang full jasanya menangani aktivitas apapun yang berhubungan dengan pengiklanan, publikasi atau promosi penjualan.
Agen iklan biasanya bekerja secara dekat denga kliennya dan mereka sering mempunyai akses untuk informasi penting. Hali ini dapat menimbilkan isu etika jika agen bekerja dengan dua atau lebih klien. Kebanyakan agen sensitive untuk masalah yang potensial dan menjaga orang dan informasi dari akun persaingan yang terpisah.
Pengukuran Efektivitas Pemasaran Tidak Mudah
Akan menjadi nyaman jika kita dapat mengukur hasil dari pengiklanan dengan melihat pada penjualan. Beberapa iklan terobosan mempunyai pengatuh lansung yang sangat pada penjualan perusahaan dan literature pengiklanan diisi dengan cerita sukses yang membuktikan pengiklanan meningkatkan penjualan.
Idealnya pengiklan harus mengadakan tes pengiklanan sebelum berjalan dari pada menggantung sendiri pada dugaan mereka sendiri tentang bagaimana baik dan buruknya. Setelah iklan berjalan, periset dapat mencoba mengukur sebanyak apa pelangan yang akan tertarik akan produk tertentu atau iklan.
Bagaimana Menghindari Pengiklanan Yang Tidak Jujur
Dibanyak Negara pemerintah mengambil peranan aktif dalam memutuskan jenis apa dari pengiklanan yaitu yang diijiankan, jujur dan sesuai. Apa yang dilihat adalah penentuan posisi dalam satu Negara dapat dilihat sebagai ketidak jujuran atau penipuan kepada yang lain
Perbedaan dalam peraturan berarti manajer menghadapi batasan yang sangat spesifik dalam negara yang berbeda dan ahli lokal dapat dikehendaki untuk menjamin bahwa perusahaan tidak membuang uang mengembangkan iklan yang tidak akan ditunjukan pada pelanggan atau jika pelanggan akan beranggapan bahwa mereka ditipu.
Promosi Penjualan – Mengerjakan Sesuatu Yang Berbeda Untuk Merangsang Perubahan
Promosi penjualan merujuk pada kegiatan promosi, tidak hanya pengiklanan, publikasi dan penjualan secara personal yang akan merangsang kesenangan, mencoba atau membeli oleh pelanggan akhir atau yang lain dalam saluran pemasaran.
Promosi penjualan secara umum digunakan untuk melengkapi metode prpmosi yang lain. Ada banyak tipe dari promosi penjualan, dimana akan sesuai tergantung pada situasi dan tujuan.
Salah satu alasan untuk peningkatan penggunaan dari promosi penjualan oleh banyak pelanggan produk adalah bahwa meraka bersaing dalam tahap pendewasaan. Situai kompetisi diintensifkan oleh pertumbuhan yang luas, rantai pengecer yang kuat. Perubahan dalam bidang teknologi juga dapat membuat promosi penjualan lebih efisien. Pertumbuhan promosi penjualan juga dibantu denga banyaknya agen dan spesialis yang merencanakan dan mengimplementasikan program promosi penjualan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar